Abad ke 18 yaitu masa agung pertama teater untuk kaum bangsawan. Pada masa 18, teater di Perancis dimonopoli oleh pemerintah dengan comedie francaise-nya. Secara tetap mereka mementaskan komedi dan tragedi, sedangkan bentuk opera, drama pendek dan burlesque dipentaskan oleh rombongan teater Italia Comedie Italienne yang biasanya pentas di pasar-pasar malam. Sampai selesai masa 17 Perancis menjadi sentra kebudayaan Eropa. Drama Perancis yang neoklasik menjadi model di seluruh Eropa. Kecenderungan neoklasik menjalar ke seluruh Eropa.
Selama masa 18 Italia berusaha mempertahankan bentuk commedia dell’arte. Penulis besarnya ialah Carlo Goldoni. Karya-karyanya berupa komedi yang kebanyakan agak sentimental, tetapi tergolong bermutu. Penulis naskah yang lain adalah Carlo Gozzi. Ia tidak meneruskan tradisi commedia dell’arte tetapi, membuat sendiri komedi-komedi fantasi dengan adegan-adegan penuh improvisasi. Commedia dell’artesendiri mulai merosot dan tidak terkenal di Italia pada selesai masa 18. Sedang dalam tragedi, penulis Italia masa itu yang menonjol hanya Vittorio Alfieri.
Teater di Jerman sudah berkembang pada Zaman Renaissance(1500-1600), meskipun dalam bentuk yang belum sempurna. Inilah sebabnya teater Jerman tak berbicara banyak di Eropa hingga tahun 1725. Teater Jerman dengan model comedie francaise, membuat suatu organisasi teater paling baik di Eropa pada selesai masa 18. Sejak itu gerakan teater Jerman berpaling dari wangsit neoklasik kepada anutan romantik.
17Pertunjukan teater masa 18 |
Selama masa 18 Italia berusaha mempertahankan bentuk commedia dell’arte. Penulis besarnya ialah Carlo Goldoni. Karya-karyanya berupa komedi yang kebanyakan agak sentimental, tetapi tergolong bermutu. Penulis naskah yang lain adalah Carlo Gozzi. Ia tidak meneruskan tradisi commedia dell’arte tetapi, membuat sendiri komedi-komedi fantasi dengan adegan-adegan penuh improvisasi. Commedia dell’artesendiri mulai merosot dan tidak terkenal di Italia pada selesai masa 18. Sedang dalam tragedi, penulis Italia masa itu yang menonjol hanya Vittorio Alfieri.
Teater di Jerman sudah berkembang pada Zaman Renaissance(1500-1600), meskipun dalam bentuk yang belum sempurna. Inilah sebabnya teater Jerman tak berbicara banyak di Eropa hingga tahun 1725. Teater Jerman dengan model comedie francaise, membuat suatu organisasi teater paling baik di Eropa pada selesai masa 18. Sejak itu gerakan teater Jerman berpaling dari wangsit neoklasik kepada anutan romantik.
0 Komentar untuk "Sejarah Teather Pada Kala 18"