“Jati” ialah pohon kelas atas sementara “Jarak” selaku flora perdu, sering berkembang liar atau dijadikan pagar hidup, dianggap flora kelas bawah. Kata “Tunggak” memiliki arti batang pohon yang bab atasnya telah ditebang. Sedangkan “mrajak” artinya berkembang dengan cepat. Dalam peribahasa ini, “tunggak jarak” dianggap keturunan orang kecil sedangkan “tunggak jati” yakni keturunan orang gedean. Kalau jaman dahulu barangkali yang satu keturunan orang “pidak pedarakan” dan satunya keturunan “priyayi”.
ARTI PERIBAHASA
Arti dari peribahasa “Tunggak jarak mrajak, tunggak jati mati” adalah: Keturunan orang kecil sanggup jadi orang besar, sedangkan keturunan orang besar justru tidak menjadi apa-apa. Hal ini wajar-wajar saja. Keturunan wong cilik kalau keras berusaha ya akan sukses. Sebaliknya keturunan wong gedhe kalau malas dan alpa ya niscaya ambles. Peribahasa ini menyemangati wong cilik untuk maju dan memberi warning wong gedhe supaya tidak terlena.
Ada rujukan elok dari M Ng Mangunwijaya dalam Serat Warasewaya, yang pernah dicetak di Surakarta tahun 1916 mengenai paribasan ini, dalam tembang macapat Gambuh. Pada bait ke 26 disebutkan yang intinya: meskipun bangsawan darah raja kalau tidak terpelajar ya tidak akan direken dalam pergaulan. Kemudian pada bait ke 27 dibilang meskipun anak dusun, kalau menguasai ilmu, akan kaya dan terhormat. Lengkapnya selaku berikut:
26. ing jaman mêngko kulup | nadyan pyayi lan darahing ratu | yèn tan pintêr utawa nora kasait | nora pati dèn paèlu | arang sinaruwe ing wong ||
27. nadyan trah busuk dhusun | lamun wasis samubarang kawruh | sugih dhuwit sanggon-ênggon dèn ajèni | dhasar darajade ruhur | keringan sinêmbah ing wong ||
KISAH SALIKIN
Kemudian pada bait ke 28 sd 31 diberikan contoh, Salikin anak Pak Empluk yang cuma berprofesi pencari rumput, berusaha keras untuk sekolah. Sejak umur 7 tahun ikut bibinya yang menjadi isteri ke sekian seorang priyayi. Salikin jadinya sanggup masuk sekolah Belanda dengan gratis dan jadinya menjadi dokter. Sekarang Salikin menjadi orang terhormat, naik kendaraan beroda empat dan berwibawa. Siapa yang mengira anak kuli yang kecil kulitnya mbesisik berasal dari desa kluthuk sanggup menjadi dokter. Lengkapnya bait ke 28 sd 31 (tidak saya terjemahkan) selaku berikut:
28. ana tuladhanipun | bocah desa anake wong pikul | tur malarat pakaryane mung rêripik | adol sukêt godhong kayu | dadi mukti kêcèh kêton ||
29. mangkene gancaripun | Si Salikin anake Pak Êmpluk | duwe kadang wadon rada ayu dadi | sêliring prayayi cukup | Salikin milu nèng kono ||
30. duk umur pitung taun | dèn parêdi lan ipene mau | linêbokkên sakolah Walônda gratis | cêkake Salikin banjur | dadi dhoktêr nunggang montor ||
31. pamêtune mèh sèwu | wibawane wis kaya tumênggung | sapa nyana dhèk cilik busuk basisik | anaking kuli kaluthuk | sanggup dadi dara dhoktor ||
KUNCINYA: ILMU
Selanjutnya pada bait ke 32 ditekankan: Ceritera di atas telah cukup untuk dijadikan tuladha: Walaupun “trah cilik pak ceplik” kalau sekolah ya akan mukti menyerupai anak raja. Lengkapnya bait ke 32 selaku berikut:
32. iku kewala cukup | kinaryaa tuladan panuntun | nora dimèh têrahing cilik pak cêplik | lamun sakolahe putus | mukti kaya sutèng katong ||
Kuncinya cuma satu yakni ilmu. Tetapi untuk mendapatkan ilmu mesti dengan “laku” (dapat dibaca di Laku supaya ing sasmita amrih lantip). Tunggak jarak tidak akan begitu saja mrajak kecuali “kanthi laku” yang justru sering dilupakan tunggak jati alasannya yakni terlena dengan keduniawian. (IwMM)
Kuncinya cuma satu yakni ilmu. Tetapi untuk mendapatkan ilmu mesti dengan “laku” (dapat dibaca di Laku supaya ing sasmita amrih lantip). Tunggak jarak tidak akan begitu saja mrajak kecuali “kanthi laku” yang justru sering dilupakan tunggak jati alasannya yakni terlena dengan keduniawian. (IwMM)
0 Komentar untuk "Tunggak Jarak Mrajak, Tunggak Jati Mati"