Pitutur Kumpulan 4: Cerewet, Marah, Bertengkar

Pitutur Kumpulan 4 ini untuk topik “bertengkar” dan “cerewet” sumbernya yakni “Layang Madubasa” yang ditulis oleh Ki Padmasusastra ngabehi Wirapustaka di Surakarta, 1912 (MB). Sedangkan “marah” diambil dari kumpulan pitutur Butir Butir Budaya Jawa koleksi Prof. Rusdibjono (BBB). Topik khususnya masih problem “bicara” mirip tiga kumpulan pitutur sebelumnya Manusia memang khas dengan “solah muna-muni”nya mirip disebutkan dalam Serat Wulangreh, pupuh Pangkur bait ke 5 selaku berikut:
 
mapan watêking manungsa | pan katêmu ing laris musuh linggih | solah muna-muninipun | pan dadya panêngêran | kang apintêr kang bodho miwah kang luhur | kang asor musuh malarat | tanapi manungsa sugih || Pada goresan pena ini , yang kita bicarakan yakni orang yang suka berkelahi dan orang yang pendiam.
 
Bertengkar, biasanya diawali dengan beda pendapat, tampaknya juga tergolong salah satu kesukaan kita. Bahkan nonton orang berkelahi pun kita juga hobi. Mulai nonton tetangga berkelahi hingga nonton pakar berkelahi di layar kaca.
 
Ditambah lagi banyak diantara kita yang mulutnya cerewet. Orang ceriwis riskan beda pendapat. Ujung-ujungnya murka kemudian bertengkar. Padahal yang diperselisihkan pada biasanya hal yang amat sepele. Sehingga kita kenal peribahasa: “Kaya asu rebutan balung” atau ada juga “madu balung tanpa isi”.
 
Seperti kumpulan pitutur sebelumnya, maka kalimat bahasa Jawa yakni yang dicetak dengan karakter miring, sedangkan terjemahan setengah bebasnya ditulis dibawahnya. Silakan mengikuti, cita-cita saya ada faedah yang sanggup diambil.
 
 
1. HOBBY BURUK: SUKA NONTON ORANG BERTENGKAR
 
Yen ana wong padu mung ditonton bae, malah tanggane ngobong klasa amoh, supaya dadi padune, apa ora mêngkono. (MB)
 
TERJEMAHAN: Kalau ada orang berkelahi biasanya lainnya cuma menonton saja (tidak ada yang melerai). Malah tetangganya ada yang mengkremasi tikar renta (Dulu ada kepercayaan: Tikar melambangkan kawasan tidur, yang mempunyai arti kerukunan dalam rumah tangga. Kalau tikar dibakar akan memperhebat pertengkaran, khususnya antara suami istri). Bukankah begitu?
 
 
2. ORANG BERTENGKAR: WALAU SALAH TETAP BERTAHAN
 
Wong padu sanadyan wis rumasa luput, iya ngaku bener, muni sawetu-wetune, saupama nganggo angger kang kinandhut ana sajroning wetenge, kang luput ya ngalah, awit satemene wis sumurup marang kaluputane, ananging sarehning wis tetela mangkono, becik kang bener bae kang gawe karampungan: ngalah, wong kang ngrungu padha ngarani: pinter: apa becik diarani: bodho. (MB)
 
TERJEMAHAN: Orang bertengkar, walau merasa salah ya tetap mengaku benar, bicara semaunya sendiri. Andaikan memakai aturan, seharusnya yang salah mesti menyerah alasannya yakni gotong royong telah tahu kesalahannya. Tetapi alasannya yakni kenyataannya demikian, seyogyanya yang benar saja yang menyelesaikan: mengalah. Orang lain yang mendengar akan mengatakan: Pandai. Apa kita lebih senang dibilang bodoh?
 
 
3. ORANG SUKA BERPERKARA: SEBENARNYA SAMA-SAMA KALAH
 
Aja sok dhêmên prakaran, ora bêcik, ngèlingana paribasan: sing kalah dirêmpah, sing mênang dipindhang, têgêse: olèhe prakaran kalah kabèh, sing mênang sapa? Coba takona ki jêksa: apa wêruh (MB)
 
TERJEMAHAN: Jangan suka berperkara, tidak baik. Ingatlah peribahasa: “Yang kalah dibentuk rempah, yang menang dibentuk pindang”. Maksudnya: Yang berperkara seluruhnya kalah. Siapa yang menang, tanyakan Jaksa: Apa tahu?
 
 
4. BICARA EMPAN PAPAN: MENJAUHKAN PERTENGKARAN
 
Nyingkirana tukar padu, saranane nyegah solah bawa muna-muni kang andadekake seriking ati, awakmu wis ana sajabaning pakewuh. (MB)
 
TERJEMAHAN: Hindarilah pertengkaran, sarananya dengan menangkal sikap bicara yang menyebabkan sakit hati. Maka kita berada di luar masalah
 
 
5. UCAPAN ORANG CEREWET, DIBAWA ANGIN; UCAPAN ORANG PENDIAM, MASUK DI HATI
 
Wong juweh kawruhe tumempel ing lambe kumruwuk angebeki papaning pasamuwan katut ing angin mrana-mrana. Beda karo wong meneng, kawruhe sumimpen ana ing ati wening, metune ora fasilitas lambe, katampan pucuking pen mili amber ing papan tulis rinasakake wong sajagad (MB)
 
TERJEMAHAN: Orang ceriwis ilmunya melekat di bibir, bergema menyanggupi ruangan dibawa angin kemana-mana. Beda dengan orang yang diam. Ilmunya tersimpan di hati yang bening, keluarnya tidak lewat bibir namun diterima ujung pena, mengalir tanpa kendala di papan tulis dicicipi oleh oranng se dunia.
 
 
6. ANTARA “JAM” DAN “ORANG CEREWET”
 
Unining jam tanpa leren nganti saenteking puterane, wong juweh muni tanpa leren nganti saturune, jam ana gawene bisa nuduhake wayah, balik wong juweh muni anderwili moyar dadi angin bae.
 
TERJEMAHAN: Bunyi jam tidak berhenti hingga putaran habis (waktu itu belum ada batere). Orang Cerewet tidak berhenti hingga tertidur. Jam ada keuntungannya yakni memamerkan waktu sedangkan orang ceriwis bicara tanpa henti cuma menyerupai angin saja.
 
 
7. MARAH: KENDALIKAN HATI YANG PANAS
 
Brangating ati sabisa-bisa kendhalenana, aja diububi kayadene nyirep geni fasilitas lenga. Napsu amarah mono selawase tetep bakal mbebedhag yen ora kinanthenan asumsi kang menep lan ati kang eling. Meneping pikir lan elinge ati bakal numusi mulure budi kang tundhone bisa dadi panyirep sakehing pakartine setan.(BBB)
 
TERJEMAHAN: Sedapat mungkin kendalikan panasnya hati, jangan dikobarkan mirip mematikan api dengan minyak. Napsu amarah selamanya akan memburumu jikalau tidak diikuti asumsi yang mengendap dan hati yang ingat. Mengendapnya asumsi dan ingatnya hati akanm meluaskan budi yang dapat menghentikan semua perbuatan setan
 
 
8. MARAH: MENYINGKIR DULU
 
Yen kowe kepener nesu lan srengen, prayogane wong sing kok nesoni lan kok srengeni mau kongkonen enggal sumingkir, utawa kowe dhewe sumingkira sauntara. Aja tetemon karo wong liya. Sabanjure menenga lan etung-etunga kanti sareh wiwit siji tekan sepuluh. Klawan mangkono atimu bakal bisa nimbang-nimbang apa nesu lan srengenmu marang wong mau bener, apa malah dudu kowe dhewe sing luput. (BBB)
 
TERJEMAHAN: Bila kebetulan kau marah, sebaiknya orang yang kau marahi disuruh menyingkir, atau kau sendiri yang beberapa waktu menyingkir. Jangan menemui orang lain. Selanjutnya diamlah dan menjumlah dengan sabar dari satu hingga sepuluh. Dengan demikian kau akan bisa menimbang apakah kemarahanmu tadi benar atau justru kau sendiri yang salah.
 
 
9. MARAH: JANGAN BERLEBIHAN
 
Srengen marang wong mono aja nganti kenemenen lan keliwat-liwat, sing estine mung arep ngedir-edirake drajad, pangkat utawa kadibyane, mung marga wis ngerti yen wong mau ora bakal wani utawa ora bisa nglawan. Pakarti kaya ngono mau kejaba ambeg siya, uga wong sing disrengeni durung karuwan dadi becik, kepara malah nuwuhake rasa sengit. Prayogane, srengen samadya lan mengku pitutur amrih becike. (BBB)
 
TERJEMAHAN: Marah terhadap orang janganlah berlebih-lebihan dan melebihi batas, yang sebenarnya cuma untuk memamerkan derajat, pangkat dan kelebihannya, alasannya yakni mengetahui bahwa yang dimarahi tidak akan berani atau bisa melawan. Perilaku demikian selain sewenang-senang juga belum pasti menghasilkan orang yang dimarahi menjadi baik. Malah akan menumbuhkan rasa benci. Sebaiknya, marahlah sekadarnya saja dan mengandung hikmah supaya menjadi baik
 
 
10. SEWENANG-WENANG: SIFAT MANUSIA PALING JELEK
 
Ala-alaning kelakuane wong ora kaya kang sinung budpekerti “Sapa sira sapa ingsun”. Marga sendhenan kaluwihane, embuh kekuwasaane, embuh karosan, dadi seneng tumindak sawenang-wenang marang kalahane kang wis tita ora bakal kumawani mancahi gedhene nganti wani mbandakalani kekarepane. Wong kang nduweni sesipatan kaya mangkono mau prayoga enggal ngelingana menawa laris jantraning jagad mono wis kinodrat cakra manggilingan, sing wingi ana ngisor sesuk bakal gilir gumanti ngerehake (BBB)
 
Sejelek-jelek kelakuan insan tidak mirip yang memiliki budpekerti “siapa lu siapa gue”. Hanya alasannya yakni bersandar pada kelebihannya, apakah kekuasaan atau kekuatan, ia suka bertindak otoriter terhadap orang yang dibawahnya. Jelas mereka tidak dapat melawan. Orang yang memiliki sifat demikian hendaknya secepatnya menyadari bahwa perjalanan roda kehidupan itu telah kodrat. Yang kemarin di bawah besuk berganti di atas dan mengalahkan kita.
 
 
11. JANGAN MEMBENCI ORANG
 
Udinen aja ana wong kang kok sengiti ing ngalam donya iki, supaya ora ana wong sengit marang kowe, amarga lelakon ing ngalam donya anane mung wales-winales. Dene yen kowe kepeksa sengit marang sawijining wong, gawenen wadi aja ana wong liya kang ngerti. Amarga yen sengitmu mbok kandhakake marang liyan prasasat kowe mamerake alamu dhewe. (BBB)
 
TERJEMAHAN: Upayakan supaya tidak ada orang yang kau benci di dunia ini supaya kau tidak dibenci orang, alasannya yakni di dunia ini isinya cuma balas-membalas. Seandainya kau terpaksa mesti tidak suka seseorang, rahasiakanlah dan jangan kau beritahukan orang lain. Karena kalau kau memberi tahu kebencianmu pada seseorang sama saja kau memamerkan kejelekanmu sendiri.
 
 
PENUTUP
 
Perbedaan pertimbangan kalau tidak ada yang hendak menyerah dan kedua pihak sama-sama cerewetnya niscaya akan berakhir dengan pertikaian. Dua-duanya gotong royong buang-buang energi dan sama-sama kalah. Budaya Jawa gotong royong tidak menginginkan kita murka dan bertengkar. Orang Jawa gotong royong punya filosofi kebersamaan: ana gaweyan padha ditandhangi, ana sega padha dipangan dan ana kendala padha dirembug.
 
Orang ceriwis bagaimanapun telah budpekerti yang menyibukkan diubah. Bertengkar yakni kembang-kembang kehidupan. Biarlah bunga itu ada, asal tidak membuahkan kebencian. Yang lebih berefek jangan sewenang-wenang. Selesaikan tanpa menyimpan dendam. Selesaikan tanpa saling membenci. (IwMM)
 

Related : Pitutur Kumpulan 4: Cerewet, Marah, Bertengkar

0 Komentar untuk "Pitutur Kumpulan 4: Cerewet, Marah, Bertengkar"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)