Keutamaan Sang Pembawa Risalah Nabi SAW
Imam Busyiri dalam Burdatul Mukhtarnya dikala mengungkapkan kebesaran baginda Muhammad, ia menyatakan:
فاق النبيين فى خلق و فى خلق و لم يدانوه فى علم و لاكرم
“faaqun nabiyyina fi kholqin wa fii khuluqin walam yudaanuhu fi’ilmin wala karomihi”, ia baginda Muhammad saw telah mengungguli segenap para nabi dan rosul baik paras keindahan wajahnya ataupun ahlak ia baginda Muhammad SAW.
1. Keindahan wajah Rasulullah saw.
Apabila kita ingin mengetahui keindahan wajah baginda Muhammad SAW, dalam suatu hadits dikatakan bahwa sesungguhnya:
ان يوسف لاعطى بشطر الحسن
“Inna yusufa la u’ti bisyatril khasan”, sesungguhnya Nabi Yusuf diberi oleh Allah SWT setengah dari keindahan paras yang ada di dunia ini. Maka ulama menyatakan “syitril khasan” yang dimaksud dalam hadist ini bukanlah keindahan sedunia tetapi yang dimaksudkan dengan sabda tersebut ialah “inna yususfa la u’tia syatra khasan min Rosulillah saw”, Sesungguhnya nabi Yusuf yang kita kenal keindahan parasnya ialah setengah daripada kegantengan baginda nabi Muhammad shallallahu alaihiwa alaalihi washahbihi wasallam. Akan tetapi keindahan dan kebagusan paras baginda Muhammad SAW
قداضمرالله
“Qod adhmarallah” terkadang memang ditutup, tiada lain alasannya ialah untuk memberikan risalah baginda Muhammad saw. Apabila keindahan paras ia baginda Muhammad SAW, ditampakkan seindah-indahnya dimuka bumi ini, maka risalah yang dibawa ia tidak akan sanggup tersampaikan. Karena orang-orang yang memandang wajah baginda Muhammad SAW, tak seorang pun yang berpengaruh untuk memandang keindahan wajah baginda Muhammad SAW. Para ulama menyampaikan tolong-menolong nabi Yusuf hanya diberikan جمال (keindahan) tetapi tidak diberikan khidmah (kewibawaan) sebagaimana baginda Muhammad shallallahu alaihiwa alaalihi washahbihi wasallam.
2. Keindahan Ahlaq Rasulullah saw.
Imam Ali bin Muhammad Al-Habsyi menyampaikan bahwa sesungguhnya:
ومامن خلق فى البرية محمودالاوهومتلقا عن زين الوجود
“wa maa min khulukin fii bariyatil mahmud illa wahuwa mutalaqqon anzainil wujud”, Barometer adab mulia ada pada baginda Muhammad SAW. Jika suatu perbuatan itu dijalani Rasulullah, maka itulah yang disebut adab mulia. Yang disebut adab mulia ialah kebijaksanaan pekerti Rasulullah SAW, alasannya ialah beliaulah barometer adab yang mulia. Tidak ada adab yang mulia kecuali pada baginda Muhammad SAW.
3. Keagungan ilmu baginda Muhammad saw.
Tidak ada seorangpun baik manusisa maupun nabi yang mempunyai tingkat keilmuan ibarat baginda Muhammad SAW, sebagaimana dikatakan bahwa baginda Muhammad SAW ialah pembawa risalah al-Qur’an. sedangkan al-Qur’an ini, dinyatakan oleh ulama’ sebagai:
شامل للعلم اولين والاءخرين
“syaamilun lil’ilmin awwaliina wal akhiriin”. Al-Qur’an ini meliputi ilmu yang ada sejak diutusnya nabi Adam hingga nanti datangnya hari kiamat. Semua ilmu tercakup dalam al-Qur’an. Maka bagaimana dengan baginda Muhammad yang dikatakan كان خلقه القرأن“kaana khuluqul Qur’an”, baginda Muhammad ialah Qur’an yang berjalan, semua yang ada pada al-Qur’an semualah kehidupan baginda Muhammad SAW. Maka sedikitpun tidak ada yang sanggup mengungguli ilmu keindahan adab baginda Muhammad SAW.
4. Kedermawanan Rasulullah saw.
Kedermawanan baginda Muhammad saw merupakan salah satu akhlaq beliau. Baginda Muhammad ialah nabi yang paling bahagia memberi sehingga diriwayatkan oleh para sobat bahwa mereka sungguh heran melihat baginda Muhammad SAW yang kadang membagi uang hingga lupa untuk keluarga dirumahnya. Beliau membagi uang tersebut kadang lupa atau kadang hingga tidak lagi mementingkan kebutuhan keluarganya. Hal tersebut memperlihatkan kedermawanan ia baginda Muhammad. Diriwayatkan suatu kali ada seorang yang kafir mendekat kepada Rasulullah dan menyatakan permintaannya dengan akan harta ia (ghanimah-harta rampasan perang), kemudian dikatakan oleh baginda Muhammad SAW “berikan wahai sobat ghanimah sebanyak 2 gunung”. Rasulullah meminta sobat untuk menawarkan ghanimah sebanyak 2 gunung yang berisi ternak, makanan, dan harta rampasan lain untuk diberikan kepada orang kafir tersebut. Kemudian dikala diberikan semua ghanimah tersebut kepada orang kafir dan selanjutnya dibagikan untuk penduduk satu kampung, kemudian ia (kafir) menyampaikan kepada orang-orang kampung:
ياايهاالناس اتبعوامحمدافانه يعطى ولم يخش الفقر
“wahai insan ikuti nabi besar Muhammad alasannya ialah beliaulah orang yang memberi tidak takut faqir”. Tidak ada orang yang berani menawarkan segala-galanya hingga dalam hatinya tidak takut faqir kecuali baginda Muhammad SAW. Sahabat Rasulullah menyampaikan bahwa:
ماطولب حاجةالاواعطى
“maa tuliba haajatan illa wa’a’tho”, “nabi Muhammad tidak pernah diminta (kemudian) menolak dalam seumur hidup beliau”. Siapapun yang meminta ia tidak pernah menolak usul tersebut. Tidak akan pernah keluar perkataan “tidak” dari verbal ia Muhammad SAW dikala diminta bantuan.
Itulah baginda Muhammad SAW yang tiada lain ia ialah kiblat arwah kita, yang tiada lain beliaulah yang kita tuju. imam Ali bin Muhammad Al Habsyi ia menyampaikan “bil baabi kuntu wa antum a’dhzomu matlabin”, “di pintu Allah saya bersimpuh dan yang menimbulkan tuntutan pertamaku ialah pintu Baginda Muhammad SAW yang kucari pertama dikala nanti saya dibangkitkan oleh Allah SWT ialah ia baginda Muhammad SAW alasannya ialah beliaulah muawwali, beliaulah mu’tamadzi, beliaulah yang selalu saya gapai untuk saya mendapat kesenagan di dunia dan kesenangan di kahirat tiada lain ia baginda Muhammad SAW.
Sebenarnya jikalau tinta sebanyak gudangpun g’ cukup untuk menulis keutamaan, keindahan langsung & akhlaq rosululloh akan tetapi dengan yang sedikit ini agar kita sanggup menjiplak dan selalu meneladani ke-pribadian sang penyampai Risalah aminnnnnnnn.
Sumber : anwartaufiq.com http://dlvr.it/5LH5nm
Imam Busyiri dalam Burdatul Mukhtarnya dikala mengungkapkan kebesaran baginda Muhammad, ia menyatakan:
فاق النبيين فى خلق و فى خلق و لم يدانوه فى علم و لاكرم
“faaqun nabiyyina fi kholqin wa fii khuluqin walam yudaanuhu fi’ilmin wala karomihi”, ia baginda Muhammad saw telah mengungguli segenap para nabi dan rosul baik paras keindahan wajahnya ataupun ahlak ia baginda Muhammad SAW.
1. Keindahan wajah Rasulullah saw.
Apabila kita ingin mengetahui keindahan wajah baginda Muhammad SAW, dalam suatu hadits dikatakan bahwa sesungguhnya:
ان يوسف لاعطى بشطر الحسن
“Inna yusufa la u’ti bisyatril khasan”, sesungguhnya Nabi Yusuf diberi oleh Allah SWT setengah dari keindahan paras yang ada di dunia ini. Maka ulama menyatakan “syitril khasan” yang dimaksud dalam hadist ini bukanlah keindahan sedunia tetapi yang dimaksudkan dengan sabda tersebut ialah “inna yususfa la u’tia syatra khasan min Rosulillah saw”, Sesungguhnya nabi Yusuf yang kita kenal keindahan parasnya ialah setengah daripada kegantengan baginda nabi Muhammad shallallahu alaihiwa alaalihi washahbihi wasallam. Akan tetapi keindahan dan kebagusan paras baginda Muhammad SAW
قداضمرالله
“Qod adhmarallah” terkadang memang ditutup, tiada lain alasannya ialah untuk memberikan risalah baginda Muhammad saw. Apabila keindahan paras ia baginda Muhammad SAW, ditampakkan seindah-indahnya dimuka bumi ini, maka risalah yang dibawa ia tidak akan sanggup tersampaikan. Karena orang-orang yang memandang wajah baginda Muhammad SAW, tak seorang pun yang berpengaruh untuk memandang keindahan wajah baginda Muhammad SAW. Para ulama menyampaikan tolong-menolong nabi Yusuf hanya diberikan جمال (keindahan) tetapi tidak diberikan khidmah (kewibawaan) sebagaimana baginda Muhammad shallallahu alaihiwa alaalihi washahbihi wasallam.
2. Keindahan Ahlaq Rasulullah saw.
Imam Ali bin Muhammad Al-Habsyi menyampaikan bahwa sesungguhnya:
ومامن خلق فى البرية محمودالاوهومتلقا عن زين الوجود
“wa maa min khulukin fii bariyatil mahmud illa wahuwa mutalaqqon anzainil wujud”, Barometer adab mulia ada pada baginda Muhammad SAW. Jika suatu perbuatan itu dijalani Rasulullah, maka itulah yang disebut adab mulia. Yang disebut adab mulia ialah kebijaksanaan pekerti Rasulullah SAW, alasannya ialah beliaulah barometer adab yang mulia. Tidak ada adab yang mulia kecuali pada baginda Muhammad SAW.
3. Keagungan ilmu baginda Muhammad saw.
Tidak ada seorangpun baik manusisa maupun nabi yang mempunyai tingkat keilmuan ibarat baginda Muhammad SAW, sebagaimana dikatakan bahwa baginda Muhammad SAW ialah pembawa risalah al-Qur’an. sedangkan al-Qur’an ini, dinyatakan oleh ulama’ sebagai:
شامل للعلم اولين والاءخرين
“syaamilun lil’ilmin awwaliina wal akhiriin”. Al-Qur’an ini meliputi ilmu yang ada sejak diutusnya nabi Adam hingga nanti datangnya hari kiamat. Semua ilmu tercakup dalam al-Qur’an. Maka bagaimana dengan baginda Muhammad yang dikatakan كان خلقه القرأن“kaana khuluqul Qur’an”, baginda Muhammad ialah Qur’an yang berjalan, semua yang ada pada al-Qur’an semualah kehidupan baginda Muhammad SAW. Maka sedikitpun tidak ada yang sanggup mengungguli ilmu keindahan adab baginda Muhammad SAW.
4. Kedermawanan Rasulullah saw.
Kedermawanan baginda Muhammad saw merupakan salah satu akhlaq beliau. Baginda Muhammad ialah nabi yang paling bahagia memberi sehingga diriwayatkan oleh para sobat bahwa mereka sungguh heran melihat baginda Muhammad SAW yang kadang membagi uang hingga lupa untuk keluarga dirumahnya. Beliau membagi uang tersebut kadang lupa atau kadang hingga tidak lagi mementingkan kebutuhan keluarganya. Hal tersebut memperlihatkan kedermawanan ia baginda Muhammad. Diriwayatkan suatu kali ada seorang yang kafir mendekat kepada Rasulullah dan menyatakan permintaannya dengan akan harta ia (ghanimah-harta rampasan perang), kemudian dikatakan oleh baginda Muhammad SAW “berikan wahai sobat ghanimah sebanyak 2 gunung”. Rasulullah meminta sobat untuk menawarkan ghanimah sebanyak 2 gunung yang berisi ternak, makanan, dan harta rampasan lain untuk diberikan kepada orang kafir tersebut. Kemudian dikala diberikan semua ghanimah tersebut kepada orang kafir dan selanjutnya dibagikan untuk penduduk satu kampung, kemudian ia (kafir) menyampaikan kepada orang-orang kampung:
ياايهاالناس اتبعوامحمدافانه يعطى ولم يخش الفقر
“wahai insan ikuti nabi besar Muhammad alasannya ialah beliaulah orang yang memberi tidak takut faqir”. Tidak ada orang yang berani menawarkan segala-galanya hingga dalam hatinya tidak takut faqir kecuali baginda Muhammad SAW. Sahabat Rasulullah menyampaikan bahwa:
ماطولب حاجةالاواعطى
“maa tuliba haajatan illa wa’a’tho”, “nabi Muhammad tidak pernah diminta (kemudian) menolak dalam seumur hidup beliau”. Siapapun yang meminta ia tidak pernah menolak usul tersebut. Tidak akan pernah keluar perkataan “tidak” dari verbal ia Muhammad SAW dikala diminta bantuan.
Itulah baginda Muhammad SAW yang tiada lain ia ialah kiblat arwah kita, yang tiada lain beliaulah yang kita tuju. imam Ali bin Muhammad Al Habsyi ia menyampaikan “bil baabi kuntu wa antum a’dhzomu matlabin”, “di pintu Allah saya bersimpuh dan yang menimbulkan tuntutan pertamaku ialah pintu Baginda Muhammad SAW yang kucari pertama dikala nanti saya dibangkitkan oleh Allah SWT ialah ia baginda Muhammad SAW alasannya ialah beliaulah muawwali, beliaulah mu’tamadzi, beliaulah yang selalu saya gapai untuk saya mendapat kesenagan di dunia dan kesenangan di kahirat tiada lain ia baginda Muhammad SAW.
Sebenarnya jikalau tinta sebanyak gudangpun g’ cukup untuk menulis keutamaan, keindahan langsung & akhlaq rosululloh akan tetapi dengan yang sedikit ini agar kita sanggup menjiplak dan selalu meneladani ke-pribadian sang penyampai Risalah aminnnnnnnn.
Sumber : anwartaufiq.com http://dlvr.it/5LH5nm
0 Komentar untuk "4 Keutamaan Sang Pembawa Risalah Nabi Muhammad Saw"