Pitutur Dalam Serat Wedhatama Dan Serat Wulangreh (2): Nyrempet Orang Tua

Bapak Ibu sedanng membaca Perilaku dan Pitutur a la jawa di http PITUTUR DALAM SERAT WEDHATAMA DAN SERAT WULANGREH (2): NYREMPET ORANG TUASesuai seruan teman pada goresan pena Pitutur dalam Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh (1): Pituturseorang bapak atau yang dituakan, untuk mengirim apa yang belum saya sampaikan lewat email, maka saat pramugari memberitahu bahwa sabuk pengaman boleh dilepas, saya mulai menulis di iPad. Walaupun waktu untuk boleh buka gadget dalam penerbangan Yogya Jakarta cuma setengah jam, tetapi lumayanlah. Hasilnya menyerupai di bawah:
 
Den Bei ingkang tuhu kinurmatan (karena gaya ia memang ngeboss maka dahulu teman-teman menyebut ia dengan “Den Bei”).
 
Sebagai orang yang sudah tua, semestinya kita jangan cepat-cepat merasa andal sendiri sehingga tidak menyimak pitutur dalam kedua Serat tersebut. Sebagian dari sikap tidak baik yang disebut di situ, merupakan sikap orang tua. Sri Pakubuwana IV dan Sri Mangkunegara IV secara bijak menerangkan hal ini terhadap putra-putranya dan kawula muda pada umumnya, sehingga mereka tidak keblinger di kelak kemudian hari. Bila Den Bei bertanya, adakah kata “orang tua” disebut secara khusus, maka jawabnya “ada”
 
 
SERAT WEDHATAMA
 
Bila kita simak pupuh Pangkur bait ke 2 dan 3 di bawah:

 
2. jinêjêr nèng Wedhatama | mrih tan kêmba kêmbênganing pambudi | mangka nadyan tuwa pikun | yèn tan mikani rasa | yêkti sêpi asêpa lir sêpah samun | samangsane pakumpulan | gonyak-ganyuk nglêlingsêmi ||
 
3. gugu karêpe priyangga | nora nganggo pêparah lamun angling | lumuh ingaran balilu | ugêr guru alêman | nanging janma ingkang wus waspadèng sêmu | sinamun ing samudana | sêsadon ingadu anggun ||
 
Wedhatama, Pangkur: 2-3
 

 Intinya: Walaupun kita sudah renta pikun jikalau tidak mengerti “rasa” bakal kosong (sepi), dingin (sepa), menyerupai sepah (ampas) yang tidak terperinci (samun). Dalam pergaulan “gonyak-ganyuk” (perilaku tidak empan papan) memalukan (nglelingsemi). Ciri-ciri khususnya adalah: menuruti maunya sendiri (gugu karepe priyangga), jikalau bicara waton nylekop tanpa dipikir (nora nganggo peparah lamun angling), dibilang terbelakang tidak mau (lumuh ingaran balilu) dan maunya dipuji-puji (guru aleman).
Mengenai hal ini sanggup dipirsani pada link:


 
SERAT WULANGREH
Pada pupuh Pocung bait 1 s/d 3 kita diminta untuk meneladani buah keluak selaku berikut:

 
1. kamulane kaluwak nom-nomanipun | pan dadi satunggal | pucung arane puniki |yèn wis tuwa kaluwake pisah-pisah ||
 
2. dèn budia kapriye ing bêcikipun | aja nganti pisah | kumpula kaya nomnèki | ênom kumpul tuwa kumpul kang prayoga ||

3. aja kaya kaluwak ênome kumpul | basa wis atuwa | ting salêbar siji-siji | nora wurung bakal dadi bumbu pindhang ||
 
Wulangreh, Pocung: 1 s/d 3
 

 Intinya: Pada waktu masih muda, antara kulit dan daging buah keluak menyatu. Kalau sudah tua, kulit dan daging buah terpisah. Upayakan jangan berpisah, berkumpullah menyerupai masa muda dulu. Jangan menyerupai keluak, saat masih muda bersatu, setelah renta tersebar satu-satu. Tak urung jadi bumbu pindang.

Selanjutnya  pada pupuh Pocung bait ke 7 s/d 13 sanggup kita baca selaku berikut:

 
7. lamun bênêr lan pintêr pamomongipun | kang ginawe tuwa | aja nganggo abot sisih | dipun padha pamêngkune mring sêntana ||
 
8. mapan ewuh wong tinitah dadi sêpuh | tan kêna gumampang | iya marang dulurnèki | tuwa anom aja beda traping karya ||
 
9. kang sarêgêp kalawan ingkang malincur | padha dèn kawruhan | sira alêma kang bêcik | kang malincur age sira bêndonana ||
 
10. yèn tan mari binêndon gone malincur | age tinatrapan | sapantêse lan dosanèki | pan sêntana dimène dadi tuladha ||
 
11. lan wong liya darapon wêdia iku | kang padha ngawula | ing batine wêdi asih | pan mangkono labuhan wong dadi tuwa ||
 
12. dèn ajêmbar dèn amot musuh dèn mêngku | dèn pindha sagara | tyase ngêmot ala bêcik | mapan ana pêpancène sowang-sowang ||
 
13. pan sadulur tuwa kang wajib pitutur | marang kang taruna | kang anom wajibe wêdi | sarta manut wuruke sadulur tuwa ||
 
Wulangreh, Pocung: 7 s/d 13
 

 Intinya adalah: Dalam memperlakukan yang lebih muda, jangan berat sebelah, jangan membeda-bedakan, pujilah yang baik, tegurlah yang buruk, bila ditegur masih belum berubah, berilah eksekusi yang setimpal dengan kesalahannya, supaya menjadi teladan bagi yang lain. Teladanilah “samodera” yang sabar dan bisa menampung dan mengasuh semuanya, yang bagus maupun yang buruk. Yang renta wajib memberi pitutur terhadap yang muda.

Link yang terkait dengan hal di atas sanggup dibaca di:


KESIMPULAN:

Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh juga memberi pitutur terhadap orang tua. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan perilakunya selaku pribadi, jangan gonyak ganyuk sebab memalukan. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan dua hal: dalam hubungan antara sesama orang tua, supaya tetap kompak menyerupai pada masa muda dahulu dan dalam hubungan dengan yang lebih muda (termasuk dengan bawahan), jangan berat sebelah, berani menegur, berani menindak, tetapi mesti bertingkah menyerupai samodera yang jembar, amot dan mengku.

Tulisan saya akhiri dengan: Demikian Den Bei, serpihan yang belum sempat saya sampaikan di ruang tunggu tadi. Justru terhadap orang renta pitutur lebih terstruktur:  Bagaimana sikap dan sikap untuk diri sendiri, dengan sesama orang tua, dan dengan yang lebih muda (IwanMM).

Related : Pitutur Dalam Serat Wedhatama Dan Serat Wulangreh (2): Nyrempet Orang Tua

0 Komentar untuk "Pitutur Dalam Serat Wedhatama Dan Serat Wulangreh (2): Nyrempet Orang Tua"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)