Beberapa hari yang kemudian saya ketemu sobat usang yang nyaris 30 tahun tidak jumpa, di ruang tunggu Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Waktunya cukup usang lantaran kita tiba agak permulaan dan pesawat delay. Bicara ngalor-ngidul lama-lama hingga ke Serat Wedhatama dan Wulangreh. Ada pertanyaan dari sobat saya yang pada dasarnya adalah: “Dalam Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh, Sunan Pakubuwana IV dan KGPAA Mangkunegara IV mengatakan selaku siapa? Seorang Bapak atau seorang Raja?
Saya agak ragu menjawabnya. Teman yang satu ini dahulu beken suka eyel-eyelan dan eyelannya senantiasa “evidence base”, berbasis bukti. Kalau disini penyakit lamanya kambuh, bisa-bisa tidak dengar panggilan naik ke pesawat. Ia melanjutkan kata-katanya: “Gini, Wan. Kalau ia bicara selaku Raja, apa ya disertai sama rakyatnya. Jaman dahulu dan jaman kini rasanya nggak beda. Kalau kini Presiden bicara tidak didengarkan, mestinya dahulu raja bicara juga gak direken”.
“Ah, kau niscaya telah baca kedua Serat itu, from A to Z. Kan sanggup baca bahwa ia bicara selaku seorang bapak sekaligus selaku orang dituakan yang kebetulan seorang Raja. Tak ada kalimat perintah disitu. Yang ada cuma teguran dan himbauan.”
Betul prasangka saya bahwa ia butuh bukti. Dia keluarkan iPad dari tasnya dan membuka file. “Ini, wan. Tembang yang mana yang bicara itu. Boarding masih setengah jam dan saya tidak akan ngeyel kali ini”.
SERAT WEDHATAMA
Jelas sekali bahwa kedua Serat ini yakni pitutur seorang Bapak terhadap anaknya. Serat Wedhatama diawali dengan pupuh Pangkur, yang pada bait pertama baris pertama dan kedua menyebutkan: “Guna menyingkir dari (mingkar-mingkur) sifat angkara, lantaran impian untuk mendidik anak (mardi siwi)”. Maka terang bahwa tujuan Serat Wedhatama yakni untuk menampilkan pendidikan terhadap anak, dan Sri Mangkunegara IV memang bahagia (karenan) mendidik.
Bila kita teruskan ke baris ke 3 dan seterusnya, disebutkan bahwa pitutur yang diberikan ditata dalam keindahan suatu tembang (sinawung rêsmining kidung) yang amat dihormati (sinuba sinukarta), dalam upaya menemukan ilmu yang luhur. Yang di tanah Jawa, agama ialah “agêming aji” (pegangan tertinggi).
Intinya, pitutur yang ialah ilmu luhur tersebut ditata dalam suatu tembang indah sehingga yang mempelajari akan bahagia dan merasa mudah. Dasar dari ilmu tersebut yakni agama, lantaran di tanah Jawa, agama yakni yang paling tinggi dan paling dihormati. Semua lantaran impian dan kesenangan mendidik anak, mudah-mudahan terhindar dari sifat angkara.
Lengkapnya pupuh Pangkur bait pertama tersebut selaku berikut:
mingkar-mingkuring angkara | akarana karênan mardi siwi | sinawung rêsmining kidung | sinuba sinukarta | mrih krêtarta pakartining ngèlmu luhung | kang tumrap nèng tanah Jawa | agama agêming aji || (Serat Wedhatama, Pangkur: 1) |
SERAT WULANGREH
Berbeda dengan Serat Wedhatama, bahwa pitutur tersebut berasal dari seorang Bapak terhadap anak-anaknya pada Serat Wulangreh kita dapatkan pada pupuh terakhir, yakni pupuh Girisa, bait ke 1, 21 dan 22.
Pada bait pertama disebutkan: Anak cucu mudah-mudahan memperhatikan pitutur si Bapak, jangan ada yang sembrono dengan piwulang orang tua, pakailah secara lahir dan batin, mudah-mudahan sentausa dan teguh di hati (tyas, nala).
Intinya: terhadap anak cucu mudah-mudahan memperhatikan, jangan sembrono, pakailah dan terapkan lahir batin mudah-mudahan jiwa sentausa.
Lengkapnya bait pertama pupuh Girisa selaku berikut:
anak putu dèn èstokna | warah wuruke si bapa | aja na ingkang sêmbrana | marang wuruke wong tuwa | ing lair batin dèn sanggup | anganggo wuruking bapa | ing tyas dèn padha santosa | têguhêna jroning nala || Serat Wulangreh, Girisa: 1 |
Pada bait ke 21 diterangkan mengapa Sri Pakubuwana IV menampilkan pitutur: Saya ini semisal matahari, telah nyaris karam di sebelah barat. Sudah jauh dari daerah terbitnya. Berapa usang orang hidup di dunia, umur insan tidak hingga seratus tahun.
Dapat kita lihat bahwa dalam hal ini Sri Pakubuwana IV merasa telah tua. Pitutur mesti tinular. Oleh lantaran itu Sri Pakubuwana IV menampilkan pitutur. Kita baca bait ke 22 pupuh Girisa: Oleh lantaran itu saya ajarkan terhadap semua anak-anakku. Saya tulis dalam suatu tembang, mudah-mudahan semua bahagia membacanya, serta sanggup mencicipi ceriteranya. Hapalkan, jangan bosan, camkan baik siang maupun malam.
Lengkapnya bait ke 21 dan 22 pupuh Girisa yakni selaku berikut:
21. wak ingsun upama surya | lingsir kulon wayahira | pêdhak mring surupe uga | atêbih maring timbulnya | pira lawase nèng dunya | ing kauripaning janma | môngsa nganti satus warsa | iya umuring manungsa || 22. mulane sun muruk marang | kabèhe atmajaningwang | sun tulis sun wèhi têmbang | darapon padha rahaba | ênggone padha amaca | sarta ngrasakkên carita | aja bosên dèn apalna | ing rina wêngi elinga || Wulangreh, Girisa: 21-22 |
KESIMPULAN
Jelas sekali bahwa Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh keduanya diarahkan untuk mendidik anak. Sebagai Bapak, kita tidak perlu sangsi untuk menerapkannya. Pertama, secara biasa memang pituturnya amat baik, dan kedua mudah-mudahan belum dewasa kita tidak kehilangan “raos Jawi”nya.
“Kalau selaku pimpinan terhadap bawahan bagaimana, Wan?” Dia mengajukan pertanyaan berbarengan dengan panggilan terhadap penumpang GA 217 tujuan Jakarta untuk naik pesawat.
Saya jawab sambil mengemasi bawaan: “Sepanjang anak buah masih panggil Bapak kepadamu, do it!”
“Memangnya panggil Oom?”. Dia berikan kartu bisnis yang ada alamat emailnya: “Kalau masih belum selesai, kau email saja, Wan”. Memang masih ada yang kurang, kami duduk tidak bersebelahan. Disamping waktu check in tidak bareng, dia duduk di kelas Bisnis sementara saya duduk di kelas Ekonomi. Di udara saya tulis apa yang masih mesti saya sampaikan kepadanya: PITUTUR DALAM SERAT WEDHATAMA DAN SERAT WULANGREH (2): NYREMPET ORANG TUA (IwanMM)
Catatan: Pitutur-pitutur terhadap orang muda sanggup dibaca pada link Kawula Muda
0 Komentar untuk "Pitutur Dalam Serat Wedhatama Dan Serat Wulangreh (1): Pitutur Seorang Bapak Atau Yang Dituakan"