Ada orang yang menghasilkan kita merasa tenteram bila berada didekatnya. Kita merasa ayom, ayem dan hasilnya tenteram. Tidak banyak orang yang dapat seumpama ini, tetapi ada. Mungkin orang ini tidak pernah membaca Serat Wedhatama, pupuh Sinom bait pertama wacana tuladha laris utama dari Panembahan Senopati, yang pernah saya tulis dalam “Serat Wedhatama: Bagaimana Sri Mangkunegara IV memotivasi para muda” selaku berikut”
(1) nulada laris utama | tumrape ing tanah Jawi | wong agung ing Ngèksigônda | Panêmbahan Senapati | kapati amarsudi | sudaning hawa lan nêpsu | pinêsu tapa brata | tanapi ing sari ratri | amêmangun karyenak tyasing sasama ||
“Amemangun karyenak tyasing sesama” artinya berbuat untuk menggembirakan hati sesama manusia. Berbuat seumpama ini tidak simpel lantaran dituntut kesanggupan menertibkan diri. Oleh alasannya yakni itu Panembahan Senopati “siang ratri” (siang malam) senantiasa “amarsudi sudaning hawa lan nepsu”
"Amemangun karyenak tyaseing sesama" tidak lepas dari ucapan-ucapan kita yang tidak sekedar untuk "ngayem-ayemi" tetapi betul-betul ialah "Sabda Amreta" (Sabda: ucapan; A: tidak; Mreta: mati), ucapan yang betul-betul menyegarkan hati dan menumbuhkan semangat kehidupan.
RESEP HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
“Amemangun karyenak tyasing sesama” yakni “resep” dalam pergaulan dengan sesama manusia, siapapun mereka. Adapun pola yang diberikan Sri Mangkunegara IV wacana apa yang dilakukan Panembahan Senopati yakni “samangsane pasamuan; amamangun marta martani (Pasamuan: berkumpul dengan orang lain; Marta: sifat lembah manah, sabar; Martani: dalam bahasa kawi yakni memberi kabar baik), yang sanggup dilihat pada pupuh Sinom bait ke dua selaku berikut:
(2) samangsane pasamuwan | mêmangun marta martani | sinambi ing sabên môngsa | kala-kalaning asêpi | lêlana tèki-tèki | gayuh geyonganing kayun | kayungyun êninging tyas | sanityasa pinrihatin | puguh panggah cêgah dhahar musuh nendra ||
Kesimpulan: Resepnya yakni “amemangun karyenak tyasing sesama” lewat “memangun marta martani”. Lalu apa yang mesti dilakukan? Beri pigura, jadikan dekorasi dinding di ruang kerja kita? Bisa bernasib menjadi dekorasi tanpa makna jikalau kita tidak tahu apa yang mesti dijalankan dan tamu yang mesti kita layani tidak tahu maksudnya. Lebih-lebih kata-katanya dalam bahasa Jawa yang masih bernafaskan bahasa Sansekerta/Kawi.
OPERASIONALISASI “MEMANGUN MARTA MARTANI”
Semua orang punya cara masing-masing untuk menghasilkan tenteram sesama, yang kurang lebih sanggup diringkas selaku berikut:
- Sifat SUSILA ANOR RAGA: Perilaku santun dengan tutur kata lembut disokong opsi bahasa yang pas dan sesuai dengan bahasa tubuhnya. Jangan hingga bahasa badan berseberangan dengan ucapan kita. Kita banyak menyaksikan motto yang tertempel di tempat-tempat pelayanan umum, umpamanya “Senyum, Salam dan Sapa”. Bagus, asal jangan hingga senyumnya dipaksakan dalam muka muram dan sapaan datar.
- Sifat BERBUDI: Luber budinya. Artinya suka memberi. Memberi tidak mesti duit atau sembako. Semua yang bernuansa memberi dan membuatkan yakni manifestasi sifat berbudi
- Sifat BAWA LAKSANA: Kesamaan antara ucapan dan tindakan. Tidak ada orang yang merasa tenteram berdekatan dengan insan yang “kakehan gludhug kurang udan”.
“Memangun marta martani” yakni pesan untuk pemimpin dan pramusaji masyarakat. Bila kiprah kita melayani masyarakat, umpamanya saja kita yakni petugas Puskesmas, Rumah Sakit, maupun institusi pemberi layanan lainnya, marilah kita “mulat sarira”, introspeksi apakah dalam melayani hadirin kita sudah “memangun marta martani”.
TANTANGANNYA BESAR
“Memangun marta martani” ternyata tidak gampang. Bisa saja terjadi bahwa kita merasa sudah memamerkan yang terbaik, masih dimaki-maki. Sudah bertindak profesional, masih digoblok-goblokkan. Bisa lantaran miskomunikasi, misinterpretasi atau mis mis lainnya. Oleh alasannya yakni itu pada permulaan goresan pena ini sudah disebutkan bahwa kita mesti senantiasa “amarsudi sudaning hawa lan nepsu”. Bila tidak mampu, bisa bertengkar dengan klien, dan ini memalukan.
Sri Mangkunegara IV cukup cendekia dalam hal ini. Dalam pupuh Pangkur bait ke 5 bahwa sejatinya penerapan ilmu kita hanyalah untuk menghasilkan orang bahagia (sanyatane mung weh reseping ati). Hati mesti tetap dingin, tetap bahagia walau dibilang tolol (bungah ingaran cubluk). Hati tetap bangga walau dihina (sukeng tyas yen den ina). Orang hidup jangan seumpama si tolol yang suka omong gede, maunya hari-hari disanjung (nora kaya si punggung anggung gumrunggung; ugungan sadina-dina). Lengkapnya selaku berikut:
(5) mangkono ngèlmu kang positif | sanyatane mung wèh rêsêping ati | bungah ingaranan cubluk | sukèng tyas yèn dèn ina | nora kaya si punggung anggung gumunggung | ugungan sadina-dina | aja mangkono wong urip ||
KSATRIA UTAMA HARUS PANDAI MENARIK HATI SESAMA
Walaupun tantangannya besar, apabila kita ingin menjadi insan utama, maka setiap di saat kita mesti mengasah dan membersihkan kecerdikan (saben ri kalamangsa; mangsah amemasuh budi). Tujuannya yakni untuk mengerjakan sikap keksatriaannya (laire anetepi; ing reh kasatriyanipun). Apakah itu? Susila anor raga dan “wignya met tyasing sesami. (wignya: berani; Mèt: dalam bahasa Kawi artinya mengambil hati), dengan kata lain seorang ksatria mesti pandai mengambil hati sesama, tentusaja dengan pegangan sikap susila anor raga, bukan yang lain. Demikianlah menurut pupuh Sinom bait ke 17 yang lengkapnya selaku berikut:
(17) mangkono janma utama | tuman-tumanêm ing sêpi | ing sabên ri kala môngsa | mangsah amêmasuh kecerdikan | laire anêtêpi | ing rèh kasatriyanipun | susila anor raga | wignya mèt tyasing sêsami | yèku aran wong barèk berag agama ||
PENUTUP: JANGAN MENURUTI KEMAUAN SENDIRI
Berupaya menggembirakan hati sesama tantangannya besar. Belum pasti orang bahagia meskipun kita sudah berusaha “do the best”. Kita yakni insan yang senantiasa menyampaikan “kesabaran ada batasnya”. Tetapi jikalau tujuan kita yakni “amemangun karyenak tyasing sesama”, kendalikanlah diri. Jangan perlihatkan ketidaksenangan kita, tetaplah bertutur kata santun dengan muka manis, sinamun ing samudana, sesadon ingadu manis , sesuai pesan dalam pupuh pangkur bait ke 3 selaku berikut:
(3) gugu karêpe priyangga | nora nganggo pêparah lamun angling | lumuh ingaran balilu | ugêr guru alêman | nanging janma ingkang wus waspadèng sêmu | sinamun ing samudana | sêsadon ingadu manis || (IwMM)
0 Komentar untuk "Serat Wedhatama: Amemangun Karyenak Tyasing Sesama"