Serat Wedhatama Dan Pituduh Menuju Tyas Basuki

bapak Ibu sedang membaca  di http SERAT WEDHATAMA DAN PITUDUH MENUJU TYAS BASUKI
Melanjutkan goresan pena Serat Wedhatama dan sikap yang tidak cocok basa basuki, Sri Mangkunegara mengingatkan (melalui bait ke 5 pupuh Pangkur pada posting sebelum ini  bahwa:
 
ngèlmu kang konkret sanyatane mung wèh rêsêping ati. (ilmu yang konkret bergotong-royong hanyalah untuk menampilkan kesegaran hati terhadap sesama manusia).
 
Sesuatu yang kelihatan simpel melakukannya, tetapi tidak semudah itu.
 
 
AMEMANGUN KARYENAK TYASING SESAMA, MEMANGUN MARTA MARTANI
 
Dalam hal wèh rêsêping ati ini kita diminta untuk meneladani Panembahan Senapati, yang hidupnya diabdikan untuk amêmangun karyenak tyasing sasama, menggembirakan hati sesama. Demikian pula samangsane pasamuwan (dalam konferensi atau hubungan dengan sesama manusia) Panembahan Senapati senantiasa mêmangun marta martani  yang artinya dalam berbicara/menyampaikan sesuatu (martani) senantiasa sabar dan lembut (marta). Hal ini sanggup dibaca pada pupuh Sinom bait pertama dan kedua selaku berikut:
 
Pupuh Sinom
bait ke 1
nulada laris utama | tumrape ing tanah Jawi | wong agung ing Ngèksigônda | Panêmbahan Senapati | kapati amarsudi | sudaning hawa lan nêpsu | pinêsu tapa brata | tanapi ing sari ratri | amêmangun karyenak tyasing sasama ||
Pupuh Sinom
Bait ke 2
samangsane pasamuwan | mêmangun marta martani | sinambi ing sabên môngsa | kala-kalaning asêpi | lêlana tèki-tèki | gayuh geyonganing kayun | kayungyun êninging tyas | sanityasa pinrihatin | puguh panggah cêgah dhahar musuh nendra ||
 
Mengenai amemangun karyenak tyasing sesama sanggup dibaca pada posting Serat Wedhatama;Amemangun karyenak tyasing sesama.
Supaya bisa demikian memang berat. Harus jauh dari sifat-sifat yang tidak basuki menyerupai sudah dibahas pada posting-posting sebelum ini. Oleh lantaran itu pada bait ke dua di atas disebutkan bahwa Panembahan Senapati sanityasa pinrihatin (senantiasa prihatin) | puguh panggah cêgah dhahar musuh nendra (banyak meminimalkan makan dan tidur) selaku “laku” untuk menerima ilmu lahir dan batin yang kuat.
Hal ini disebutkan disebutkan pada pupuh Pocung bait pertama: Ngelmu iku kelakone kanthi laku, yang lengkapnya selaku berikut:
Pupuh Pocung
bait ke 1
ngèlmu iku kalakone kanthi laku | lêkase musuh kas | têgêse kas nyantosani | sêtya budya pangêkêse dur angkara ||

 Mengenai “ngelmu” dan “laku” ini sanggup dibaca pada goresan pena Serat Wulangreh: laris ingsasmita amrih lantip.
Makin tinggi ilmunya, insan akan makin mengendap. Triprakara yang menjadi pegangan ksatria Jawa tidak pernah lepas dari genggamannya: Lila lamun kelangan, trima yen kataman sakserik sameng dumadi, legawa nalangsa srahing bathara (ikhlas bila kehilangan, bisa menerima bila hati disakiti sesama insan dan senantiasa berserah diri terhadap Allah), menyerupai disebutkan pada pupuh Pocung bait ke 10 dan 11 selaku berikut:

Pupuh Pocung
bait ke 10
basa ngèlmu mupakate lan panêmu | pasahe lan tapa | yèn satriya tanah Jawi | kuna-kuna kang ginilut tri prakara ||
Pupuh Pocung bait ke 11
lila lamun kelangan nora gêgêtun | trima yèn kataman | saksêrik samèng dumadi | tri lêgawa nalôngsa srahing bathara ||


KESIMPULAN

Dengan senantiasa mengasah kecerdikan guna menetapi “Reh Kasatriyan” maka jadilah kita orang yang adab anor raga (santun, rendah hati) dan wignya met tyasing sesami (mampu mengambil hati semua orang). Anteng, meneng, jatmika dan halus tutur katanya. Mempesona semua orang. Demikian disebutkan pada bait ke 17 pupuh Sinom

Pupuh Sinom Bait ke 17
17. mangkono janma utama | tuman-tumanêm ing sêpi | ing sabên ri kala môngsa | mangsah amêmasuh kecerdikan | laire anêtêpi | ing rèh kasatriyanipun | susila anor raga | wignya mèt tyasing sêsami | yèku aran wong barèk berag agama ||

Emosinya tidak akan terpancing, sekalipun dikasari, disakiti, dan memang menjadi murka atau sakit hati, ia sudah menjadi:  janma ingkang wus waspadèng sêmu, sinamun ing samudana, sêsadon ingadu manis (orang yang sudah awas sehingga betapapun ia murka maka ucapannya tetap lembut dan ekspresi parasnya tetap sejuk). Dapat dibaca di Serat Wedhatama: Sinamun ing samudana, sesadon ingadumanis

Related : Serat Wedhatama Dan Pituduh Menuju Tyas Basuki

0 Komentar untuk "Serat Wedhatama Dan Pituduh Menuju Tyas Basuki"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)