Pitutur Kumpulan 11: Diam, Mawas Diri, Ngalah

Pitutur kumpulan 11 ini merupakan cara untuk menangani orang-orang dengan sikap yang terdapat pada pitutur sebelumnya, terutama Kumpulan 1 sd 5. Sebenarnya pada dasarnya sederhana saja. Yang waras ngalah. Tetapi ya terang tidak gampang. Kita punya indera pendengaran mendengar yang tidak enak, verbal jadi gatal untuk mendebat atau memaki-maki.
 
Ternyata jikalau kita kembali ke  “Mulutmu macan kamu” maupun “Berbicara peliharalah lidah, berlangsung peliharalah kaki”, mengatur verbal ternyata amat sulit.
 
Seperti pada kumpulan sebelumnya, Terjemahan (setengah bebas) saya tulis di bawah naskah bahasa Jawanya. Daftar pitutur di bawah bersumber dari Butir Butir Budaya Jawa koleksi Prof. Rusdibjono (BBB) dan Serat Madubasa, Ki Padmasusastra, 1912 (MB), kemudian saya kelompokkan sesuai permasalahannya. Sugeng maos
 
 
1. SIKAP PENDIAM: MUSTIKA KEHIDUPAN
 
Aja gumampang ngeculake wicara panacad sarta pangalem, awit wicaramu mau durung mesthi bener, sing mesthi panacadmu: wis gawe serik, pangalemmu aweh wisa, endi kang aran becik, kabeh ala, kang sayoga mung meneng. Wong meneng iku musthikaning urip, katon ngumala pindha sotya sinarawedi, saben muni mung satemene. (MB)
 
TERJEMAHAN: Jangan terlalu praktis melepas celaan atau pujian, sebab bicaramu belum pasti benar. Yang terang celaanmu menghasilkan sakit hati, pujianmu merupakan bisa. Mana yang lebih baik, seluruhnya jelek. Yang benar merupakan diam. Orang membisu menyerupai mustikanya hidup yang bersinar menyerupai intan berlian. Apa yang diucapkan hanyalah yang sebenarnya.
 
 
2. ORANG PENDIAM: UCAPANYA DIPERCAYA
 
Pangalem utawa panacad marang liyan, uni karo pisan iku padha ora kena diandel. Dene kang kena diandel, unine wong meneng. Saben muni iya temen. Liding dongeng: becik wong meneng tinimbang karo wong juweh. (MB)
 
TERJEMAHAN: Baik kebanggaan maupun celaan keduanya tidak dapat diandalkan kebenarannya. Yang bisa diandalkan merupakan ucapan orang pendiam. Kalau ia bicara, ia akan bicara benar. Kesimpulan: Orang pendiam lebih baik dibandingkan dengan orang banyak ngomong.
 
 
3. ORANG PENDIAM: JAUH DARI MASALAH
 
Wong meneng ana ing pajagongan, iku metu saka ing reribed (MB)
 
TERJEMAHAN: Orang pendiam dalam pergaulan, itu menjauhkan dari masalah
 
 
4. TEPA SLIRA DAN MAWAS DIRI

Tepa slira lan mawas dhiri iku dadi oboring laris nggayuh rahayu, minangka jimat paripih tumraping ngaurip. Munggahe bisa nyedhakake rasa asih lan ngedohake tabiat drengki lan dakwenang marang sapepadhane. Sregep mawas diri ateges bakal weruh marang kelemahan lan cacade dhewe, wusanane tukul greget ndandani murih apike.(BBB

TERJEMAHAN: Tepa slira dan mawas diri merupakan obor dalam meraih keselamatan, merupakan azimat kehidupan. Mendekatkan rasa asih dan menjauhkan tabiat iri dan otoriter terhadap sesama manusia. Rajin mawas diri akan mengenali kelemahan dan cacat diri sendiri sehingga muncul kehendak untuk memperbaiki.


5. TAHU MENEMPATKAN DIRI

Wong kang bisa mawas dhiri yaiku wong kang bisa manjing ajur-ajer, ngerti empan papan laras karo reh swasana sakupenge tanpa ninggalake subasita. Paribasane wong kang baut ngadisarira, aja mung kalimput dening busana bae, nanging bisaa tansah marsudi marang padhanging semu lan manising wicara tanpa nglirwakake marang alus lan luwesing solah bawa (BBB)

TERJEMAHAN: Orang yang dapat mawas diri yakni orang yang dapat menyatu, tahu menempatkan diri selaras dengan situasi sekitarnya tanpa menetralisir sopan santun. Ibarat orang yang berilmu berhias, jangan terpaku pada pakaiannya saja namun juga pada cerahnya wajah, manisnya tutur kata dan halus serta luwesnya perilaku.


6. MAMPU MELAWAN DIRI-SENDIRI

Sapa kang bisa nelukake musuh-musuhe, dheweke diarani kuwat. Ananging sapa kang bisa nelukake awake dhewe, dheweke iku kang luwih kuwat maneh (BBB)

TERJEMAHAN: Siapa yang dapat mengalahkan musuh-musuhnya beliau disebut kuat. Tetapi siapa yang dapat mengalahkan dirinya sendiri dialah yang lebih kuat


7. MENEMPATKAN KEKUATAN PADA TEMPATNYA

Sipate wong urip iku harus kesinungan kekuwatan. Kang ngerti bisa ngecakake dene kang ora bisa ngerti kurang digladhi, temahan ora tumanja. Ngempakake kekuwatan mula ora gampang. Buktine ora sethithik kekuwatan kang empane ora mapan. Kawruhana yen rusake bebrayan ing antarane marga saka pakartine wong kang ngerti marang dayaning kekuwatane nanging ora kanggo nggayuh gegayuhan kang mulya, mung kanggo derenging ati angkara. (BBB)

TERJEMAHAN: Sifat insan niscaya mempunyai kekuatan. Yang memahami akan bisa menerapkannya sedang yang tidak tahu dan tidak pernah dilatih akan tidak bermanfaat. Menggunakan kekuatan memang tidak mudah. Banyak yang penempatannya tidak tepat. Ketahuilah bahwa rusaknya kehidupan salah satu penyebabnya adalahkarena perbuatan dari orang-orang yang memahami daya dari kekuatan namun tidak digunakan untuk meraih tujuan mulia, cuma untuk menyanggupi napsu angkara.


8. MENGALAH: PANGKAL KESELAMATAN

Ngalah basa sakecap laris satindak: ana ing pajagongan, iku dadi witing kaslametan, ananging arang kang bisa nglakoni, kang akeh: milawani golek bener, mangka pancen berakhir mung winangsulan: kados inggih leres pamaiben sampeyan, kula ingkang lepat: cuthel, ora sulit direwangi pathenthengan, sing ngupahi sapa? (MB)

TERJEMAHAN: Mengalah “satu patah kata” dan “langkah satu tindak” dalam pergaulan menjadi permulaan keselamatan, namun jarang yang dapat melaksanakannya: Kebanyakan insan mencari benarnya sendiri, padahal seluruhnya akan selesai jikalau kita jawab dengan: Benar bantahan anda, saya yang salah. Selesailah urusan, tidak perlu bersitegang, apakah ada yang membayar?


9. ORANG MENGALAH, JAUH DARI MASALAH; ORANG DIAM, DI LUAR MASALAH

Wong ngalah clathu sakecap laris satindak, iku wis sumingkir saka ing pakewuh, dene wong meneng ana sajabaning pakewuh, awit wateking manungsa mung golek menang.(MB)

TERJEMAHAN: Orang yang menyerah ucapan sepatah dan langkah satu tindak, memiliki arti menghindari masalah. Orang yang membisu memiliki arti berada di luar masalah, sebab tabiat insan cuma mencari menang.


10. WONG NGALAH DHUWUR WEKASE

Unèn-unène: wong ngalah dhuwur wêkase, iku nyata, ora ana wong kêduwung gone ngalah: ujar sakêcap laris satindak, ewadene arang sing gêlêm anglakoni, upama dicoba sinau ngalah kêpriye, aja sumêlang yèn bakal ilang êmut-êmutanamu intên, têgêse uni ala kang sumimpên, isa malih dadi bêcik, sumorot kaya cahyaning intên, beda uni ala kang wis kawêdhar, bali angrusak awak tanpa aji (MB)

TERJEMAHAN: kata-kata “wong ngalah dhuwur wekase” itu benar. Tidak ada orang menyesal di belakang hari akhir menyerah satu patah kata dan satu langkah kaki. Walau demikian jarang yang akan melakukannya. Umpama dicoba belajar menyerah bagaimana? Jangan kawatir akan kehilangan intan yang kau kulum. Maksudnya, bicara jelek yang disimpan, dapat menjadi baik dan bercahaya laksana intan. Beda dengan bicara jelek yang dikeluarkan, bisa merusakkan tubuh dan tidak ada harganya sama-sekali.


PENUTUP
Dalam hal ini orang pendiam yang punya sikap “anteng, meneng, jatmika” akan lebih bijak. Diam merupakan emas. Dengan belajar mawas diri, tahu menempatkan diri, bisa menempatkan kekuatan pada wilayah yang sebenarnya, maka kita akan bisa melawan diri sendiri. Telinga yang panas dan verbal yang gatal tidak akan terasa lagi.
Kalau membisu menjauhkan masalah, maka menyerah pangkal keselamatan. Sikap menyerah akan menjauhkan diri dari masalah, sikap membisu akan menempatkan kita di luar masalah. “Wong ngalah dhuwur wekase” orang yang akan menyerah akan menemukan kemenangan akhir. Dan jangan lupa “Sura dira jaya ning rat lebur dening pangastuti. (IwMM)

Related : Pitutur Kumpulan 11: Diam, Mawas Diri, Ngalah

0 Komentar untuk "Pitutur Kumpulan 11: Diam, Mawas Diri, Ngalah"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)